Rekomendasi Wisata Baru di Jogja 2020 Yang Wajib Dikunjungi

Yogyakarta, provinsi kecil di sebelah selatan Jawa Tengah ini memang cukup populer untuk urusan tempat wisata. Hampir setiap hari ada wisata baru yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Meskipun memiliki obyek wisata wajib kunjung seperti Malioboro dan Alun-Alun Utara atau Selatan, beberapa tempat wisata baru di Jogja ini juga sepertinya sangat sayang untuk dilewatkan.

Rata-rata berlokasi agak keluar dari hiruk-pikuk perkotaan kota Jogja, beberapa tempat wisata baru di Jogja ini menawarkan pengalaman dan sensasi baru ketika berlibur di Kota Gudeg ini. Dengan akses yang mudah dilalui dan mudah ditemukan, tempat-tempat wisata baru di Jogja ini memang seharusnya masuk ke dalam daftar kunjung ketika berlibur ke Jogja.

HEHA SKYVIEW

Heha SkyView Jogja

Tempat wisata baru di Jogja 2020 yang harus dikunjungi ketika berada di Jogja adalah Heha Skyview, yang berkolasi di Jogja Lantai Dua, sebutan populer untuk dataran tinggi deretan Pegunungan Seribu, Jl. Dlingo – Pathuk, Desa Pathuk, Gunung Kidul. Bagi yang pernah mengunjungi Bukit Bintang, Heha Skyview berlokasi tak jauh dari Bukit Bintang, sehingga pengunjung bisa menikmati kerlap-kerlip dan sibuknya Jogja dari ketinggian. Untuk tiket masuknya, Heha Skyview mematok harga Rp 10.000 bagi yang masuk dari jam 10.00 – 16.30 dan Rp 15.000 bagi yang masuk setelah jam 16.30.

LINTANG SEWU

Wisata perbukitan memang sedang populer di Jogja, pun dengan tempat wisata baru Lintang Sewu ini. Tempat wisata yang berlokasi di Desa Munthuk, Dlingo, Bantul ini menawarkan pemandangan alam perbukitan yang luar biasa indah. Disebut Lintang Sewu karena tempat ini sangat cocok untuk menikmati pemandangan malam tanpa lampu, alias melihat langit malam bertabur bintang. Untuk menikmati eloknya pemandangan di Lintang Sewu, pengunjung cukup membayar Rp 2.500 saja. Jika ingin berkemah akan dikenakan biaya Rp 15.000. Untuk jam buka, obyek wisata Lintang Sewu sudah bisa dinikmati sejak pukul 04.30 sampai 22.00.

AIR TERJUN SAMPANG

Selain wisata pantainya yang sangat terkenal, Gunung Kidul juga memiliki tempat wisata baru yang tak kalah menarik dari deretan pantai berpasir putih. Adalah Air Terjun Sampang, yang terletak di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunung Kidul. Air Terjun Sampang kemudian menjadi nama obyek wisata yang sebenarnya disebut Luweng Sampang. Meskipun bernama air terjun, tempat wisata ini malah agak pendek untuk disebut sebagai air terjun. Tetapi keunikan tempat ini adalah keindahan batuan alam yang terkikis air yang membentuk ornamen-ornamen alam secara alami.

THE WORLD LANDMARK MERAPI PARK

Tempat wisata baru jogja yang berlokasi di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Jl. Kaliurang km.25, Pakembinangun, Pakem, Sleman ini merupakan sebuah taman yang luas yang di dalamnya terdapat berbagai objek yang menjadi landmark atau icon dari seluruh dunia. Jam Big Ben London, Menara Pisa, Kincir Angin, hingga Menara Eiffel bisa ditemui di dalam lokasi The World Landmark Merapi Park ini. Hanya saja karena icon-icon tersebut tiruan maka ukurannya diperkecil sehingga terlihat unik. Icon-icon dari seluruh dunia tersebut tentu akan menjadi background yang bagus untuk berfoto atau berselfie ria. Yang perlu diperhatikan, karena tempat ini merupakan tempat terbuka, lebih baik membawa topi atau kacamata karena cukup panas. Untuk jam buka, The World Landmark Merapi Park mulai buka pukul 09.00 – 17.00 dengan tiket masuk seharga Rp 15.000.

SPOT RIYADI

Bagi pengunjung atau wisatawan yang memiliki hobi fotografi, baik itu professional ataupun sebagai penghobi, Spot Riyadi harus masuk dalam daftar kunjungan, karena memiliki potensi yang sangat menakjubkan. Berada di ketinggian bukit, Spot Riyadi menawarkan pemandangan sawah, perkotaan, beberapa candi termasuk Candi Prambanan, hingga Gunung Merapi dari satu tempat. Tempat wisata baru yang berlokasi di Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, ini akan sangat pas dikunjungi ketika pagi atau sore sampai malam hari. Asiknya, pengunjung tak dikenakan tiket masuk, hanya biaya parkir saja Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua. Jam buka Spot Riyadi mulai pukul 05.00 – 23.00.

SINDU KUSUMA EDUPARK

Sindu Kusuma Edupark

Ingin berwisata ke tempat wisata non-alam? Sindu Kusuma Edupark bisa menjadi pilihan. Sindu Kusuma Edupark ini bahkan memiliki banyak sekali wahana yang bisa dinikmati. Edupark ini terletak di Jl. Jambon, Sinduadi, Mlati, Sleman. Berbagai wahana menarik di Sindu Kusuma Edupark ini dijamin akan membuat siapapun betah karena dikonsep dengan sangat menarik. Untuk bisa menikmati wahana di Sindu Kusuma Edupark yang buka sejak pukul 15.30 – 23.00 untuk hari biasa, dan mulai pukul 10.00 – 23.00 pada Sabtu – Minggu ini, pengunjung bisa membeli tiket untuk seluruh wahana dengan harga Rp 70.000 – Rp 100.000 atau juga bisa membeli tiket per wahana.

AIR TERJUN SIDOHARJO

Air Terjun Sidoharjo merupakan air terjun yang berlokasi di Dusun Gonolangu, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo. Air terjun ini merupakan air terjun dengan tebing tertinggi di Yogyakarta, dan uniknya air terjun ini belum banyak diketahui oleh wisatawan. Air terjun ini juga memiliki sebutan lain yaitu Air Terjun Perawan, karena konon air terjun ini dahulu pertama kali ditemukan oleh seorang gadis yang masih perawan. Penting untuk diketahui, bagi yang ingin datang ke tempat ini pastikan dulu agar kondisi kendaraan berada pada kondisi optimal karena tempatnya cukup menanjak. Air Terjun Sidoharjo ini bertempat di Perbukitan Menoreh yang dikenal memiliki medan cukup sulit. Tetapi tak perlu khawatir karena jalannya sendiri sudah baik, yang terpenting kondisi kendaraan optimal dan pengendara memahami karakter jalanan. Untuk tiket masuk, kawasan air terjun ini tidak mengharuskan pengunjung untuk membayar tiket, hanya biaya parkir Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Tags: